Total Pageviews

Sunday, December 9, 2012

Jangan Makan Ini Setelah Olahraga !

Olahraga memang penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun makanan yang dikonsumsi setelah olahraga juga tak kalah penting lho. Menurut para ahli, setelah berolahraga seseorang sebaiknya mengonsumsi karbohidrat, air, dan protein. Sebaiknya hindari makanan ini setelah olahraga, seperti dilansir oleh Times of India (22/11).


1. Keju


Sebaiknya jangan mengonsumsi keju setelah berlari. Keju mengandung banyak lemak jenuh dan garam. Jika Anda suka ngemil, sebaiknya konsumsi cemilan sehat seperti kedelai.




2. Daging olahan


Jangan mengonsumsi daging olahan setelah melakukan olahraga aerobik, karena daging olahan mengandung banyak lemak dan garam. Daging olahan bisa menghambat proses pencernaan.







3. Sereal


Meski sehat, sereal dipenuhi gula. Untuk itu tak baik mengonsumsi sereal setelah berolahraga. Lebih baik konsumsi campuran kacang-kacangan dengan buah kemudian tambahkan susu. Jangan tambahkan gula.






4. Roti


Roti putih bisa diproses dengan cepat oleh tubuh menjadi gula. Ini tidak diperlukan tubuh, terutama setelah berolahraga. Jika haru mengonsumsi roti, sebaiknya pilih irisan kecil roti gandum.







5. Minuman rasa buah

 
Minuman rasa buah mengandung gula yang sangat tinggi dan akan meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Jika ingin mengonsumsi minuman setelah olahraga, sebaiknya minum es teh herbal, atau air kelapa. Selain alami, minuman tersebut juga menyehatkan.


6. Telur


Telur dianggap sehat karena dipenuhi protein dan kolin, serta baik untuk jantung. Namun setelah berolahraga sebaiknya Anda menghindari telur goreng. Karena proses menggoreng membuat telur dipenuhi lemak. Lebih baik konsumsi telur rebus



7. Milkshake


Milkshake yang terbuat dari buah-buahan yang diblender mengandung kadar gula yang tinggi. Lebih baik konsumsi susu biasa atau teh hijau untuk menggantikannya.









8. Sayuran mentah



Sayuran mentah memang menyehatkan dan kaya nutrisi, namun makanan ini tak bisa memenuhi kebutuhan energi Anda setelah olahraga. Anda membutuhkan makanan yang mampu menambah energi bagi otot.






Beberapa makanan di atas sebaiknya dihindari setelah berolahraga, terutama para taekwondoin usai latihan ruti diharapkan dapat mempertimbangkan makanan dan minuman apa yang sebaiknya dikonsumsi setelah olahraga. Ada baiknya bila para taekwondoin selalu siap sedia membawa air mineral. Selain mengandung gula tinggi, makanan di atas juga bisa menambah lemak.

sumber :  http://www.merdeka.com/sehat/jangan-makan-ini-setelah-olahraga.html

1 comment:

  1. Salam kenal sista... Info yang menarik nih... Kalau boleh tau, bagaimana ya cara menghitung jumlah lemak yang kita konsumsi sehari-hari? Ditunggu juga ya info mengenai baju senam terbaru yang trandy ya sist...
    :)

    ReplyDelete